Definisi Marketing (Pemasaran) Adalah?

  • Whatsapp

Apa Itu Marketing (Pemasaran)? Definisi AMA tentang riset Marketing ditinjau dan disetujui kembali / diubah setiap tiga tahun oleh panel yang terdiri dari lima pakar yang merupakan peneliti aktif.

Definisi Marketing (Pemasaran)
Pemasaran adalah aktivitas, sekumpulan institusi, dan proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas.

Definisi Riset Marketing (Pemasaran)
Riset pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan, dan publik ke pemasar melalui informasi — informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran; menghasilkan, menyempurnakan, dan mengevaluasi tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan meningkatkan pemahaman tentang pemasaran sebagai suatu proses. Riset pemasaran menentukan informasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini, merancang metode untuk mengumpulkan informasi, mengelola dan menerapkan proses pengumpulan data, menganalisis hasil, dan mengkomunikasikan temuan dan implikasinya.

Definisi Merek
Merek adalah nama, istilah, desain, simbol, atau fitur lainnya yang mengidentifikasi barang atau jasa satu penjual sebagai barang atau jasa yang berbeda dari penjual lainnya. Standar merek ISO menambahkan bahwa merek “adalah aset tidak berwujud” yang dimaksudkan untuk menciptakan “citra dan asosiasi yang berbeda di benak para pemangku kepentingan, sehingga menghasilkan manfaat / nilai ekonomi”.

Jenis Marketing (Pemasaran)
Pemasaran Influencer
Menurut Association of National Advertisers (ANA), pemasaran influencer berfokus pada meningkatkan individu yang memiliki pengaruh terhadap pembeli potensial dan mengarahkan aktivitas pemasaran di sekitar individu-individu ini untuk mengarahkan pesan merek ke pasar yang lebih besar.

Dalam pemasaran influencer, daripada memasarkan langsung ke sekelompok besar konsumen, sebuah merek menginspirasi atau memberi kompensasi kepada influencer (yang dapat mencakup selebriti, pembuat konten, pendukung pelanggan, dan karyawan) untuk menyebarkan berita atas nama mereka.

Hubungan Marketing (Pemasaran)
Menurut Association of National Advertisers (ANA), marketing relasional mengacu pada strategi dan taktik untuk mensegmentasi konsumen untuk membangun loyalitas. Pemasaran relasional memanfaatkan pemasaran basis data, periklanan perilaku, dan analitik untuk menargetkan konsumen secara tepat dan membuat program loyalitas.

Marketing viral
Viral marketing adalah fenomena pemasaran yang memfasilitasi dan mendorong orang untuk menyampaikan pesan pemasaran. Dijuluki “viral” karena jumlah orang yang terpapar pesan meniru proses penularan virus atau penyakit dari satu orang ke orang lain.

Pemasaran Hijau
Pemasaran hijau mengacu pada pengembangan dan pemasaran produk yang dianggap aman bagi lingkungan (yaitu, dirancang untuk meminimalkan efek negatif pada lingkungan fisik atau untuk meningkatkan kualitasnya). Istilah ini juga dapat digunakan untuk menjelaskan upaya memproduksi, mempromosikan, mengemas, dan mengklaim kembali produk dengan cara yang sensitif atau responsif terhadap masalah ekologi.

4 Yang Harus Ada Di Marketing

Produk
Produk didefinisikan sebagai sekumpulan atribut (fitur, fungsi, manfaat, dan kegunaan) yang dapat dipertukarkan atau digunakan, biasanya merupakan campuran dari bentuk yang berwujud dan tidak berwujud.

Dengan demikian, produk dapat berupa ide, entitas fisik (barang), atau layanan, atau kombinasi ketiganya. Itu ada untuk tujuan pertukaran dalam kepuasan tujuan individu dan organisasi. Sementara istilah “produk dan layanan” kadang-kadang digunakan, produk adalah istilah yang mencakup barang dan jasa.

Harga
Harga adalah rasio formal yang menunjukkan jumlah uang, barang, atau jasa yang dibutuhkan untuk memperoleh sejumlah barang atau jasa. Ini adalah jumlah yang harus dibayar pelanggan untuk memperoleh produk.

Tempat (atau Distribusi)
Distribusi mengacu pada tindakan pemasaran dan membawa produk ke konsumen. Ini juga digunakan untuk menggambarkan sejauh mana cakupan pasar untuk produk tertentu. Dalam 4 Ps, distribusi diwakili oleh tempat atau penempatan.

Promosi
Menurut Association of National Advertisers (ANA), pemasaran promosi mencakup taktik yang mendorong pembelian jangka pendek, uji coba pengaruh dan kuantitas pembelian, dan sangat terukur dalam volume, pembagian, dan keuntungan. Contohnya termasuk kupon, undian, rabat, premi, kemasan khusus, pemasaran dan perizinan yang terkait dengan tujuan.

Related posts